Sebuah film pendek berjudul “Langkah”, resmi dirilis pada Jumat, 15 Oktober 2021 lewat platform berbagi video YouTube. Karya yang dikemas sebagai trilogi ini, merupakan sajian visual yang melengkapi single bertajuk sama milik Ichon Badguitar X Uchin Stallion yang diluncurkan sebelumnya. Lewat keterangan resminya, Ichon Badguitar mengatakan film pendek Langkah yang disutradarainya itu dibagi menjadi tiga episode lantaran keterbatasan durasi yang belum cukup menggambarkan isi pesan apabila dikemas dalam satu film.

“Tidak cukup untuk menggambarkan sebuah cakupan makna lagu Langkah yang luas ini, jika hanya dalam waktu 4 menit. Akhirnya diputuskan untuk membaginya dalam 3 episode. Dan ini juga akibat terlalu bersemangat menulis naskah dan plot ceritanya,” ujar Ichon. Tembang ‘Langkah’ sendiri merupakan karya sekaligus proyek musik Ichon Badguitar di luar band yang digawanginya. Dalam liriknya, lagu ini mengangkat kisah nyata mengenai persahabatan yang ditulis apa adanya.

Gitaris grup band The Flash asal Yogyakarta itu menjelaskan, pesan dalam film dibuat untuk melebarkan makna lirik dalam lagu Langkah yang dirilis bersama sahabatnya, Uchin yang merupakan vokalis band Stallion.Kendati begitu, ide dan inspirasi cerita dalam film juga diangkat dari kisah nyata layaknya lirik dalam tembang Langkah.”Ini melebarkan kekuatan tema lagu tersebut untuk tetap melangkah, keep fighting it. Tentang perjuangan dan ketegaran yang harus dihadapi dalam hidup dalam hal apa pun,” ucap Ichon Badguitar.Proses produksi film Langkah dikerjakan di masa pandemi Covid-19 dan seluruhnya dilakukan di kota Yogyakarta. Pada proyek ini, Ichon selaku sutradara menunjuk Salta dan Dobleh untuk berperan sebagai pelakon utama.Episode perdana film Langkah karya Ichon Badguitar diluncurkan pada Jumat sore, 15 Oktober 2021 melalui saluran YouTube Ichon Badguitar dan dapat disaksikan mulai pukul 16.00 WIB. Sementara dua episode berikutnya akan dirilis setiap hari Jumat pada dua pekan berikutnya.

You may also like