Unit virtual asal Jakarta, Fiasco akan kembali hadir dengan serangkaian rilisan baru untuk memberikan amunisi lainnya pada tahun ini. Kali ini mereka merilis sebuah album perdana dengan nama “Unbroken”Schizo Forge, Dr Biggs, Dr. Fatamorgana dan RMC 2000 akan kembali memberikan rentetan lagu yang akan memanjakan penikmat musik di Indonesia.

Fiasco dibuat oleh Ady dan Haris Pradistya (visual artis) untuk menyalurkan dunia lore sci-fi fantasy yang akan diceritakan melalui media visual seperti komik, NFT, video dan lainnya. Lagu-lagu Fiasco diciptakan berdasarkan chemistry dari jamming dengan Ady (vokal, gitar) lalu direstrukturisasi oleh Krishna (bass) dan Zondie (drum).

Album ini berisi tujuh buah tembang termasuk dua buah tembang yang telah rilis terlebih dahulu beberapa bulan yang lalu. Secara garis besar album ini dibuat dari sebuah perjalanan yang dimulai dari sebuah perjalanan pengorbanan hidup seseorang untuk penghidupan orang lain namun kerap menimbulkan pertanyaan “tapi untuk apa?”. Terkadang kita perlu melepaskan rantai kehidupan untuk orang lain dan memiliki kebebasan tertentu untuk melepaskan hasrat kita. Namun mengejar gairah mungkin membutuhkan pengorbanan orang lain dan mempertaruhkan tanggung jawab kehidupan keluarganya sendiri.

“Transformasi merubah diri dari sosok yang broken secara mental dan fisik adalah hal yang sangat sulit dan menantang. Kita harus mengakui kerusakan-kerusakan dalam diri kita dan menerima situasi yang sudah bangkit menjadi unbroken. Nama Fiasco juga dipilih karena kita sudah mengetahui bahwa dunia penuh kekacauan, dan band ini lahir untuk mencari jalur tangga naik di antara kekacauan,” ungkap Ady.

Lagu-lagu yang terdapat pada album “Unbroken” ini adalah sebuah jalan cerita dari Fiasco Universe itu sendiri, setiap trek pada album ini memiliki cerita-cerita yang beririsan. Mulanya album ini akan mereka namai “Lepaskan” namun kata tersebut lebih tepat untuk menjadi metode, sedangkan “Unbroken” kata yang lebih menjelaskan mengapa Fiasco membuat album ini. Terlebih mereka ingin membantu “broken people” menjadi “unbroken”.

Kehadiran karakter Dr. Fatamorgana juga memang direncanakan muncul belakangan, hal itu dikarenakan perkembangan cerita dan musik dari Fiasco. Secara tidak langsung, Dr. Fatamorgana seperti produser yang membantu belakangan dalam menyempurnakan album dari Fiasco.

Tracklist:

  1. Gerilyawan
  2. Lepaskan
  3. Sayang Cintaku (Lepaskan Part 2)
  4. Tak Akan Lepas
  5. Hei Manusia
  6. Everybody Got Somebody
  7. Udara dan Darah

You may also like