“Prambanan Jazz Festival 10” Siap Digelar, Queen at The Opera Batal Tampil

“Prambanan Jazz Festival 10” Siap Digelar, Queen at The Opera Batal Tampil

Perhelatan akbar “Prambanan Jazz Festival 10” tahun ini siap digelar pada 5, 6 & 7 Juli 2024. Acara yang syarat akan kolaborasi antar musisi, seniman, jurnalis, dan komunitas penggiat seni pertunjukan dan hiburan sudah mulai terasa. Sejumlah program yang akan dihadirkan sudah mulai bermunculan di akun sosial media official @prambananjazz, diantaranya adanya Pasaraya Prambanan Jazz yang akan menghadirkan ragam kuliner tradisional maupun kuliner kekinian telah mulai bersiap menyambut kehadiran PJF Lovers yang akan hadir.

Prambanan Jazz Festival tidak hanya pertunjukan musik tahunan yang digelar tanpa makna, banyak pesan yang tentunya tersirat dalam setiap perencanaan tiap tahunnya. Pemilihan lokasi kawasan wisata Candi Prambanan yang merupakan salah satu warisan budaya ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri sendiri untuk PJF Lovers.

Setali tiga uang, inilah yang akan didapat oleh PJF Lovers yang akan hadir, dimana seluruh yang dibutuhkan PJF Lovers akan disediakan di perayaan Prambanan Jazz Festival tahun ini. Seperti yang disampaikan oleh Tovic Raharja selaku CEO Rajawali Indonesia, “Satu Dekade Bersama, bukan hanya sebuah slogan, namun rasa syukur kami terhadap keberlangsungan acara yang bisa membuat banyak pihak berkumpul dan berkolaborasi di kawasan wisata Candi Prambanan.”

Konsep Prambanan Jazz Festival tahun ini banyak mengusung kolaborasi dan program-program berkelanjutan mulai dari program yang berkolaborasi dengan komunitas, diantaranya:

  • Pasaraya Prambanan Jazz, tenant kuliner yang dikurasi dan berisikan makanan tradisional serta kekinian Indonesia yang dapat menjasi wisata oase gastronomi yang memanjakan PJF Lovers yang hadir.
  • I’m Jazz a Kids, berkolaborasi dengan sekolah musik Purwacaraka Jogjakarta dan Solo, yang menampilkan 7 finalis terbaik telah melalui proses seleksi pada bulan Juni lalu di Sleman City Hall Yogyakarta. 7 musisi cilik in terdisi dari peserta terbaik pada kategori vocal, biola, piano, drum dan alat musik tiup yang akan tampil di panggung Prambanan Jazz.
  • Pusparia Vol.2 Bersemi Bersama, sebuah aktivasi yang berkolaborasi dengan komunitas seni instalasi yang merespon karya bunga-bunga, yang tentunya akan menghiasi sejumlah titik di area venue Prambanan Jazz Festival untuk pada siang harinya.
  • FOX’s Sparkling Village, kolaborasi dengan pihak sponsor yang merespon indahnya taman wisata candi yang ada di area Prambanan Jazz Festival dengan lampu hias yang tentunya akan menambah syahdunya ambiance di waktu sore hingga malam hari.
  • PJF Cultural Escape, program keliling wisata di area jogja yang dimulai sejak pagi hari hingga siang hari dan dilakukan sebelum menikmati pertunjukan musik selama 3 hari yang dilakukan oleh komunitas berkain. Kegiatan ini dalam rangka melakukan kolaborasi pertunjukan seni musik dengan penggiat wastra, sehingga PJF lovers bisa mulai merasakan nyamannya berkain dalam segala suasana.
  • Memorabilia Archive Exhibition, persembahan kolaborasi antara PJF Lovers, rekan jurnalis foto dan tim dokumentasi yang tertuang dalam linimasa perjalanan 10 tahun Prambanan Jazz Festival yang akan ditampilkan dengan pameran foto di area Prambanan Jazz Festival.
  • Prambanan Jazz Sustainability Program, program ini sebagai cerminan bahwa Prambanan Jazz tidak hanya memberikan fasilitas kuliner dengan berbagai macam hasil akhir sampah, namun ada program yang mengedukasi PJF Lovers untuk dapat memilah sampah organik dan non organik supaya dapat didaur ulang, seperti pemilahan sampah botol yang dapat didaur ulang menjadi barang tepat guna.

Dengan adanya sejumlah program yang dihadirkan, Prambanan Jazz Festival ini memiliki harapan besar untuk dapat menghadirkan rasa aman dengan alur yang tertib. Tentunya kebersihan di dalam venue yang dijaga bersama-sama ini dapat membuat rasa nyaman PJF Lovers yang hadir bersih. Susana pepohonan yang rindang dan padang rumput yang hijau tentunya akan menambah kesejukan yang hadir bersama ramahnya konser musik untuk semua generasi. Tentunya semua ini bertujuan untuk membuat Prambanan Jazz dapat dikenang sebagai Festival Musik yang dapat memberikan kenangan yang Indah dan tak kan terlupakan.

“Kami sangat senang sekali pemerintah hadir untuk mendukung kegiatan kami ini melalui Kemenparekraf yang sangat mendukung dengan adanya acara kami ini. Kami berharap Prambanan Jazz Festival ini bisa menerapkan Sapta Pesona, sesuai harapan kita bersama dalam konsep pariwisata secara global,” ujar Tovic Raharja.

Hal ini menjadi salah satu perhatian pihak Dimas Ganjar Ramadhan selaku Vice President Commercial and Experience PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) atau Injourney Destination Management (IDM) yang mendukung pelestarian budaya, musik dan seni pertunjukan, “Senang sekali rasanya Prambanan Jazz Festival telah masuk pada tahun ke 10 nya yang diselenggarakan di tempat kami, Candi Prambanan. Tentunya ini sangat membantu kami untuk bisa mempromosikan Candi Prambanan ke penjuru negeri.”

A.R Rahman akan tampil di Jakarta

Dengan mempertimbangkan kebutuhan teknis, promotor mengambil keputusan untuk menjadwalkan ulang konser A.R Rahman di Indonesia. “Kami akan menjadwalkan ulang dan memindahkan lokasi konser dari lapangan Candi Prambanan, Yogyakarta ke venue indoor di Jakarta. Keputusan ini kami pilih demi kenyamanan bersama untuk tetap dapat mempertemukan AR Rahman dengan penggemarnya secara langsung di Indonesia,” jelas Tovic Raharja selaku CEO Rajawali Indonesia. A.R Rahman akan dijadwalkan tampil di Sentul International Convention Centre, Jakarta, yang rencananya akan diselenggarakan pada 26 Oktober 2024, ringkas Tovic.

Pembatalan Konser Queen at The Opera di Prambanan Jazz Festival 2024

Anas Alimi selaku Founder Prambanan Jazz Festival dan Rajawali Indonesia menyampaikan kondisi terkini terkait pembatalan tampilnya Queen At The Opera di Prambanan Jazz Festival. “Dengan berat hati, kami mengumumkan pembatalan konser Queen at The Opera yang dijadwalkan pada Minggu tanggal 7 di Prambanan Jazz Festival 2024. Keputusan ini diambil setelah berbagai upaya telah dilakukan untuk menjalin komunikasi dengan manajemen Queen at The Opera, namun sayangnya tidak mendapatkan respon yang diharapkan.

Tovic menambahkan, “Kami memahami bahwa penantian dan antusiasme para penggemar Queen at The Opera sangatlah besar. Kami sangat menyesalkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh pembatalan ini. Sebagai bentuk tanggung jawab, kami akan melakukan pengembalian uang kepada semua pembeli tiket Special Show Queen at The Opera. Proses refund akan diumumkan secara terperinci dalam waktu segera. Namun kami juga memberikan sejumlah benefit tambahan kepada seluruh pemilik tiket Queen at The Opera, bahwa mereka kami beri benefit akses full selama 3 hari untuk menyaksikan Prambanan Jazz Festival. (Diamond & Gold mendapat akses festival, VIP mendapat akses super festival selama 3 hari).”

Bagi para pembeli tiket, kami ingin menyampaikan bahwa festival show Prambanan Jazz Festival 2024 akan tetap berlangsung selama 3 hari (5, 6, 7 Juli 2024) dengan banyak pertunjukan menarik dari musisi-musisi ternama dari berbagai genre.

Bagi para pembeli tiket, kami ingin menyampaikan bahwa Pembeli Tiket Queen At the Opera akan mendapatkan benefit Full Refund & mendapatkan akses Festival Show sesuai dengan kategori yang di beli : 1. Pemegang Tiket VIP dapat mengakses kelas Super Festival

2. Pemegang Tiket Diamond & Gold dapat Mengakses kelas Festival

3. Untuk benefit Full Refund Penonton bisa menghubungi 0856 4314 6939 (Official Ticketing Prambanan Jazz).

Refund akan diberikan 14 hari kerja dihitung setelah event selesai. Kami mengharap pengertian dan dukungan dari semua pihak atas situasi ini. Untuk pembelian tiket online saat ini sudah ditutup, namun PJF Lovers tidak perlu berkecil hati karena pembelian tiket OTS akan segera dibuka di venue namun sangat terbatas,” pungkas Tovic.

Simak informasi terkait penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2024 dapat di akses di prambananjazz.com dan sosial media @prambananjazz (Instagram, X, Facebook), @prambananjazzfestival (Tiktok, Youtube) dan hotline 082226664343