Setelah melewati masa pandemi, industri musik mulai marak lagi, bahkan banyak nama-nama baru potensial bermunculan di panggung musik nasional.

Melihat hal ini, beberapa jurnalis yang menulis dan concern pada berita seputar musik melihat hal positif di industri musik yang layak di apresiasi. Sebagai jurnalis yang lama meliput dan menulis tentang musik para jurnalis yang peduli akan industri musik Tanah Air ingin memberi sumbangsih dan perhatian kepada hal tersebut.

Maka sekitar 45 jurnalis membentuk Jaringan Jurnalis Musik, yang nantinya bertujuan akan memberi penghargaan bagi pelaku industri musik di tanah air.

Penghargaan berbentuk award, diperlukan sebagai tanda eksistensi dan menghargai musisi atau pelaku industri musik atas karya atau apa yang pernah mereka buat di perjalan industri musik.

Hal ini sesuai dengan moto yang diusung Jaringan Jurnalis Musik, “Memacu Ekosistem Industri Musik Tanah Air”. Maka, Jaringan Jurnalis Musik mengadakan “Kaset Award” untuk mendukung kemajuan dan maraknya industri musik tanah air.

Pemberian piala tahunan yang akan diselenggarakan secara kontinyu. Persembahan Jurnalis Musik untuk musik Indonesia. Sejauh ini, di Indonesia hanya ada satu award untuk musik yang menjadi acuan. Padahal di banyak negara, sudah ada lebih dari 1 award untuk industri musik.

Kenapa bernama “Kaset Award”? “Ada beberapa pertimbangan, selain mudah diingat, kaset menjadi icon bagi pelaku industri musik dan juga pernah digunakan para awak media untuk melakukan aktivitas dalam bekerja (wawancara). Dan kaset pernah memasuki masa kejayaan di industri musik dunia,” ungkap Andre Stroo selaku penggagas “Kaset Award”.

Jaringan Jurnalis Musik yang beranggotakan media dari Jakarta dan beberapa kota lainnya, bekerja secara independen dan dinaungi oleh Deteksi Production. Kurasi untuk award sudah dimulai sejak bulan April 2022 lalu dengan memilih 10 kategori yang beberapa diantaranya tidak ada di banyak award lainnya.  
Kategori yang akan dipilih pada award ini:

1.     Pendatang Baru Terbaik

2.     Solois Pria Terbaik

3.     Solois Wanita Terbaik

4.     Band Terbaik

5.     Kolaborasi Musik Terbaik

6.     Soundtrack Lagu terbaik

7.     Artwork Terbaik

8.     Video Klip Terbaik

9.     Konser Terbaik

10.  Festival Musik Terbaik

Pilihan tersebut berdasarkan lagu/album yang resmi dirilis atau konser/event yang baru diadakan pada masa penjurian. pada pemilihan di atas tidak dibagi berdasarkan genre, tapi dilihat dari kualitas. performa, dan hasil penjualan lagu/album hanya menjadi pertimbangan terakhir.

Sistem kurasi dilakukan setiap bulan. Dimana seluruh anggota Jaringan Jurnalis Musik bisa mengajukan kandindat yang dipilihnya secara pribadi dan di akhir bulan akan dilakukan vote bersama-sama untuk dipilihnya pemenang di setiap bulan. Pemenang perbulan di masing-masing kategori ini nantinya akan dipilih di akhir tahun (Maret 2023) untuk dipilih pemenang yang berhak mendapatkan “Kaset Award”. Akan tetapi ada penghargaan tiap bulannya, buat artis/band yang memang memiliki potensi luar biasa. Diharapkan kegiatan ini, bisa memacu kreatifitas para pelaku industri musik di tanah air.   

You may also like