Kamis 8 November 2018 adalah hari bersejarah bagi unit rock asal Los Angeles, Guns N’ Roses (GN’R) di Jakarta. Band yang digadang-gadang sebagai band glam rock terbesar sepanjang era 80an dan 90an ini membuka tur Asia 2018 nya di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), ini adalah mega konser perdana yang diselenggarakan distadion kebanggaan bangsa Indonesia pasca renovasi menyambut Asian Games 2018.

Sekitar pukul 12 siang, massa penikmat (GN’R) mulai memadati area stadion khususnya di fX Mall yang seolah menjadi basecamp wajib bagi gelaran acara di GBK.

Pukul 4 sore sayup-sayup terdengar check sound dari dalam stadion, ketika Slash memainkan intro Estranged massa yang berada diluar ring 1 stadion banyak yang berteriak-teriak meminta pintu dibuka. Sekitar pukul setengah lima sore pintu mulai dibuka, tidak tampak antrian yang menumpuk didepan gerbang, malah setelah masuk ring 1 penonton banyak yang tidak langsung masuk stadion banyak yang antri membeli merch yang dijual kisaran 250 ribu untuk bandana ala Axl Rose dan 450 ribu untuk kaos. Patut diacungi jempol untuk konser kali ini, penonton tertib dan tidak ada desakan-desakan atau menerobos barisan antrian.

Konser dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh Kikan. Lama sekitar 1 jam  setelah Kikan menyanyikan lagu kebangsaan tidak ada tanda-tanda dimulainya konser. Penonton banyak yang nampak mulai bosan smpai ketika lampu stadion GBK dimatikan, intro dimainkan.

Axl Rose cs menggempur dengan lagu pembuka wajib konser bertajuk “Not In This Lifetime”, berjudul “It’s So Easy”. Nampak sang frontman masih lincah meliuk kesana-kesini di usianya yang sudah 56 tahun, meski suara sudah tidak seprima dahulu aksi panggung Axl Rose patut diacungi jempol. Belum lagi aksi Slash dan Duff, personil asli yang tersisa saat ini masih terlihat garang menjelajahi sudut-sudut panggung.

Berturut-turut lagu hits macam “Mr.Brownstone”, “Chinese Democracy”, “Welcome to the Jungle” dimainkan, total ada 24 lagu ditambah 4 encore dimana lagu “Paradise City” merupakan anthem penutup konser saat Axl Rose membagikan peluit diawal lagu dan melempar mikrofon diakhir lagu.

Sepanjang konser yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam Axl Rose (vokal), Duff McKagan (bass), Slash (gitar), Dizzy Reed (piano), Richard Fortus (gitar), Frank Ferrer (drum), dan Melissa Reese (keyboard) sukses mengembalikan nostalgia remaja kawula muda yang besar di era 90an. Sebuah penantian panjang melihat konser GN’R dengan formasi rukun antara Axl dan Slash didepan mata (sebelumnya Slash pernah mengadakan konser di Jakarta dengan Myles Kennedy dan Axl Rose dengan GN’R minus Slash pada tahun 2012). Terima kasih GN’R untuk malam yang tak terlupakan!

You may also like