JogjaROCKarta Festival atau biasa disebut JRF adalah perhelatan musik tahunan bergenre rock yang diselenggarakan di Yogyakarta. Setelah dua tahun lamanya JogjaROCKarta Festival absen dari menyajikan panggung rock bertaraf internasional, kini ditahun 2022  JogjaROCKarta Festival hadir kembali dengan konsep berbeda, salah satunya yaitu menyisipkan program dengan tajuk “Rockfivetival Goes To JogjaROCKarta” bersama musisi-musisi bergenre rock dari Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.

“Meskipun untuk Tahun 2022 ini belum mendatangkan artis internasional tapi kita akan mendatangkan banyak musisi dari tanah air, termasuk Big Four Metal Indonesia yaitu Burgerkill, Seringai, DeadSquad, Death Vomit. Dan tidak hanya itu di JogjaROCKarta Fesitval 2022 nanti akan memberikan kesempatan kepada 2 band pemenang ajang ‘Rockfivetival Goes To JogjaROCKarta 2022 ‘untuk turut tampil,” jelas Ahmad Sobirin selaku Project Manager JogjaROCKarta Festival 2022.

“Di JogjaROCKarta  Festival 2022 ini rencananya akan ada 3 panggung,  yang akan diisi sekitar 50 band,” tambahnya.

“Rockfivetival Goes To JogjaROCKarta 2022” sebagai ajang pencarian musisi yang digagas oleh iKonser, Metranet dan Telkom Regional 5 yang meliputi wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi regenerasi musisi-musisi rock dan mewadahi pendistribusian karya agar dapat diakses lebih luas melalui  rangkaian aktivasi yang dituangkan ke dalam aplikasi iKonser, kanal televisi kabel iKonser dan bermuara pada panggung JogjaROCKarta Festival 2022.

“Setelah melakukan berbagai aktivasi pencarian bakat, untuk kali ini ada ‘Rockfivetival Goes To JogjaROCKarta 2022’ yang lebih spesifik ke rock, harapannya semoga berjalan dengan lancar,dan juga bisa menemukan bibit-bibit talenta. Dan bisa menemukan wajah-wajah baru untuk musisi rock khususnya agar bisa bergabung bersama musisi-musisi nasional dipanggung JogjaROCKarta Festival 2022,” kata Christine Natalia selaku Project Manager Rockfivetival Goes To JogjaROCKarta 2022.

Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 9 Juli sampai 23 Juli 2022 melalui situs iKonser. Nantinya, seluruh musisi atau band pendaftar akan dikurasi oleh promotor JogjaROCKarta Festival 2022lalu akan dilanjutkan ke dalam tahap seleksi.

Peserta diharuskan untuk memiliki minimal 2 karya orisinal berupa video clip atau video live session sebagai syarat registrasi. Setelahnya, peserta melalui beberapa tahapan seleksi dan kurasi oleh 3 juri dari musisi nasional serta pihak promotor. Dua musisi/ band yang terpilih pada babak grand final akan menjajal panggung megah JogjaROCKarta Festival 2022 dan juga tampil pada di salah satu program tayangan channel i-Konser di IndiHome TV. Pemenang diharapkan bisa menampilkan setidaknya 4 lagu orisinal.

Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 9 Juli 2022 dan akan berlangsung hingga tanggal 23 Juli 2022. Para peserta bisa mendaftar di website www.ikonser.id dengan menyertakan 2 video (video klip atau video live session), serta persyaratan lain yang terdapat dalam formulir registrasi. Peserta adalah musisi atau band yang berdomisili di setiap regional, dibuktikan cukup dengan 1 KTP dan terbuka untuk spesifik genre musik rock dan turunannya.

Adapun tahapan-tahapan seleksi pencarian musisi baru tersebut adalah sebagai berikut:

– Tahap pertama, semua video peserta yang lolos seleksi administrasi akan diunggah ke aplikasi iKonser oleh penyelenggara secara serentak. Dari video-video yang telah diunggah tersebut akan diseleksi untuk mencari 20 band/musisi yang akan lolos untuk tahap selanjutnya. Penilaian pada tahap ini adalah berdasarkan vote dan penilaian juri independen yang terdiri dari individu-individu yang qualified di bidang musik (15 band/musisi akan ditentukan berdasarkan vote aplikasi, dan 5 band/ musisi berdasar penilaian juri)

– Tahap kedua, 20 (dua puluh) band/musisi yang terpilih pada seleksi babak pertama akan ditayangkan di iKonser channel useeTV Ch. 459 SD/959 HD dengan jadwal tayang yang telah ditentukan. Dari tayangan di channel televisi iKonser tersebut, kemudian akan diseleksi dan dipilih 10 besar band/musisi yang akan ikut pada babak grand final. Penilaian pada babak ini adalah berdasarkan viewers tertinggi di channel televisi iKonser.

– Tahap ketiga: 10 band/musisi yang berhasil lolos sampai Grand Final akan tampil secara offline untuk menentukan dua pemenang yang akan ditentukan langsung oleh beberapa juri yang qualified di bidang musik. Komposisi juri tersebut terdiri dari musisi dan pihak iKonser sebagai penyelenggara. Peserta yang bertahan hingga Grand Final wajib bersedia mengunggah lagu yang dibawakan saat Grand Final di Langit Musik melalui www.laguku.id

– Tahap keempat, pemenang akan mendapatkan sejumlah uang tunai dan berkesempatan menjadi guest star pada JogjaROCKarta Festival 2022 yang akan diadakan secara offline dan akan disiarkan langsung di iKonser Channel, aplikasi iKonser, dan juga akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Dengan adanya program  “Rockfivetival Goes To JogjaROCKarta 2022” ini, diharapkan akan muncul musisi/band baru dari regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara yang berpendar di buana musik dan industri kreatif Indonesia.

“Harapannya banyak talenta-talenta musik yang berada di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara ini bisa terjaring melalui agenda kompetisi ‘Rockfivetival Goes To JogjaROCKarta 2022’, selain itu untuk event JogjaROCKarta sendiri nantinya bisa disaksikan melalui platform iKonser Channel IndihomeTV ,  kata Rachmad Yusuf  selaku DEVP Telkom Regional 5.

Tidak hanya terbatas pada regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara saja, nantinya seluruh daerah di Indonesia juga akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa unjuk bakat di JogjaROCKarta Festival 2022 maupun program tayangan di I-Konser Channel.

“Tidak hanya musisi-musisi yang sudah punya panggung saja, tapi kita juga melahirkan juga talenta-talenta baru untuk punya kesempatan yang sama berada dalam panggung yang sama juga, sehingga kita bisa melihat ada regenerasi musisi rock di Indonesia. Pada ‘Rockfivetival Goes To JogjaROCKarta 2022’, salah satu aktivasi penyisihannya melalui tayangan di aplikasi iKonser, sebagai bentuk dukungan dari Metranet,” tutup Faisal Yusuf selaku Direktur Bisnis Metranet.

You may also like