Jika membingkai pertunjukan unit progressive rock Dream Theater semalam dalam sebuah kata, mungkin kata ‘magis’ yang dapat mewakilinya. Gimana tidak, pertunjukan yang sedianya berlangsung pada pukul 20.00 WIB para penonton yang hadir dari berbagai kota sudah memadati Stadion Manahan Solo (Jawa Tengah) sejak pukul 15.00 WIB dibawah rintiknya gerimis yang menggelayut sejak siang.

Meski sebelumnya sudah 3 kali mampir ke Indonesia namun animo yang sangat besar untuk melihat John Petrucci (gitar), John Myung (bass), James LaBrie (vokal), Jordan Rudess (keyboard) dan Mike Mangini (drum) dalam konser bertajuk “Top of the World Tour” ini sudah terasa sejak dari pengumuman pada jumpa media 29 Juni 2022 menggantikan konser bertajuk “Distance Over Time” yang sedianya berlangsung di Ancol 8 November 2020 namun batal terkendala pandemi. Kota Solo juga berbangga hati menjadi salah satu dari 2 kota Asia yang terpilih dalam rangkaian tur ini selain Chiba (Jepang).

Membuka pertunjukan dengan nomor ‘The Alien’ dari album paling gres mereka “A View from the Top of the World(2021) langsung membuat riuh lapangan parkir A dan B Stadion Manahan Solo yang menjadi tempat perhelatan. Berlanjut dengan nomor ‘6:00’ sebagai lagu kedua disusul ‘Awaken The Master’ yang membuat suasana semakin panas. Insiden teknis sempat terjadi ketika giant screen di kiri-kanan panggung mendadak mati cukup lama, namun tidak mengurangi esensi pertunjukan. Malah penonton semakin mengganas ketika ‘Endless Sacrifice’ dan ‘Bridges in the Sky’ dimainkan, suasana sesak berpadu keriuhan menggema menciptakan suasana magis.

Total 10 lagu termasuk encore mereka lesakan untuk konser dihadapan sekitar 10 ribu pasang mata kali ini yang juga turut dihadiri oleh berbagai tokoh antara lain Gibran Rakabuming (Walikota Solo) dan Cak Imin (Politikus).

Foto-foto : Dok. Rajawali Indonesia dan @stagelyfe

You may also like