WAHAM adalah trio #bedroomrock asal Bandung yang telah merilis tembang debut bertajuk ‘Circus’ secara mandiri. Band ini dimotori oleh Sena Muzak (gitar, vokal), Kristaldi Klaudiawan (bass) dan Muh Siddik (gitar) yang dibentuk pada tahun 2021 lalu.
Yang menariknya, kerap kali disebut sebagai ‘Band Rock Keluar Kamar’ karena pada awalnya masing-masing personil secara mandiri aktif memproduksi karya musik di kamar, namun mayoritas karya lagu tersebut hanya menjadi sebuah arsip pribadi yang diproduksi dan dinikmati sendiri.

Dengan mengusung tema ‘gila’, suara-suara yang terdengar di kepala pun menjelma menjadi sebuah tembang pertama dengan kesegaran ala brit-pop, seolah musiknya merupakan perselingkuhan antara Manic Street Preachers dengan Radiohead, lirik dalam ‘Circus’ juga ditulis penuh dengan ironi.
Ada sentuhan manis melodi gitar di sepanjang lagu serta raungan distorsi hangat yang dipadukan dengan lick bass genit dalam setiap refrain-nya.
Kebetulan, sang vokalis memiliki darah campuran, lantunan serta pengucapan terdengar sangat kental dalam aksen British dan keseluruhan lirik untuk lagu ini pun ditulis dalam bahasa Inggris.

Video musik yang akan tayang melalui kanal YouTube WAHAM pada tanggal 23 Juli tersebut menyuguhkan sebuah visual yang selaras dengan manifestasi yang ingin mereka sampaikan yakni rangkaian isolasi dan pengalaman kesendirian; dialog serta suara-suara yang berkutat didalam kepala.
Konsep dasar dalam video musik tersebut merupakan Soliloquy yang ditujukan kepada diri sendiri, dimanifestasikan dalam bentuk monolog di sebuah ruang yang sama dari awal sampai akhir video. Ruang tersebut juga merupakan ruang ‘berproses’ selama @waham_____ membuat seluruh materi dan recording musik mereka secara mandiri.

You may also like